Gejala Pada Kanker Retina

Anak Cybert - Retinoblastoma atau yang sering dikenal dengan kanker pada retina. Retina sendiri merupakan bagian dari mata paling belakang yang sangat peka terhadap cahaya. Kanker pada retina ini umumnya menyerang pada anak – anak yang masih berusia kurang dari 5 tahun. Penyebab retinoblastoma ini karena tidak adanya gen pencegah tumor yang bersifat genetik pada anak.

Hampir sekitar 10% penderita kanker retina ini karena memiliki saudara yang juga menderita retinoblastoma dan mendapat gen penurun dari orang tua. Jenis kanker retina ini bisa meyerang pada salah satu atau bisa juga menyerang kedua mata bahkan sampai menyerang otak melalui saraf penglihatan. Gejala pada kanker retina ini antara lain penderita bermata juling, memiliki pupil mata yang berwarna putih, nyeri dan mata merah, iris pada kedua mata tidak memiliki warna yang sama, gangguang pada penglihatan juga, dan dapat menyebabkan kebutaan.

Diagnosa pada penderita kanker retina ini dapat dilakukan setelah dilakukan pemeriksaan sebagai berikut :
  • Pemeriksaan pada mata dan hasil pemeriksaan mata penderita memiliki pupil melebar
  • Pemeriksaan pada sumsum tulang
  • USG pada mata
  • CT scan pada kepala
  • Pemeriksaan pada cairan serebrospinal
Pengobatan pada kanker retina ini dapat dilakukan tergantung dari lokasi dan ukuran pada tumor. Tumor pada retina yang masih kecil dapat dibati dengan pembedahan laser. Sementara tumor yang sudah menyebar hingga ke luar mata akan dilakukan kemoterapi dan terapi penyinaran. Bila cara – cara pengobatan di atas sudah tidak memiliki pengaruh apapun pada kanker retina ini maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah pengangkatan tumor. Bila kanker ini telah menyerang satu mata maka harus dilakukan pengangkatan pada seluruh mata termasuk nervus optikus. Apabila kanker retina ini sudah menyerang pada kedua mata maka harus dilakukan pembedahan mikro secara khusus untuk menghancurkan atau mengangkat tumor itu sendiri agar tidak perlu dilakukan pengangkatan pada kedua mata. Atau salah satu mata diangkat, tetapi mata yang lain dilakukan teknik penyiranan dan pembedahan mikro untuk mengendalikan tumor.

Teknik pencegahan yang dapat dilakukan pada kanker retina ini yaitu bila dalam riwayat keluarga ada yang memiliki genetic kanker retinoblastoma, maka harus dilakukan konsultasi genetic agar bisa meramalkan genetic kanker pada keturunan berikutnya.
Title : Gejala Pada Kanker Retina
Description : Anak Cybert - Retinoblastoma atau yang sering dikenal dengan kanker pada retina. Retina sendiri merupakan bagian dari mata paling belak...