Kenali Penyebab dan Gejala Serangan Jantung

Anak Cybert - Ketika mendengar kata serangan jantung, apa yang ada dalam pikiran anda? Pastinya anda mengaitkannya dengan penyebab kematian. Ya, hal tersebut tidaklah salah karena serangan jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Tak heran banyak orang yang takut dengannya dan berusaha menghindari yang namanya serangan jantung.

Serangan jantung terjadi ketika pembuluh darah atau arteri yang yang mensuplai darah menuju jantung terhenti. Terhambatnya darah yang menuju jantung biasanya terjadi akibat penyumbatan di saluran arteri koroner. Penyumbatan tersebut biasanya disebabkan karena penebalan dinding pembuluh darah atau biasa disebut dengan arteriosklerosis. Jika penymbatan tersebut dalam kondisi yang parah, artinya darah memang tidak bisa dialirkan pada jantung sama sekali, maka si penderita serangan jantung kemungkinan besar akan meninggal.

Masalahnya, pada tahap awal seseorang yang mengalami serangan jantung akibat tersumbatnya arteri kororner tidak merasakan apa-apa, alias tidak merasakan rasa sakit sama sekali. Ketidaksadaran tersebut biasanya membuat seseorang acuh dan membiarkannya. Dalam fase berikutnya seseorang akan mulai merasa detak jantungnya tidak teratur, kadang cepat dan kadang pelan. Maka bisa dikatakan di fase ini penderita harus mendapatkan penangan yang cepat agar tidak terlanjur parah.

Secara garis besar serangan jantung disebabkan oleh sumbatan dari plak-plak yang berasal dari kolesterol yang masuk ke dalam tubuh kita sehingga mengendap di dinding pembuluh darah. Pembuluh darah tersebut ada yang bertugas menyalurkan darah menuju ke jantung. Jika kolesterol yang membentuk plak tersebut pecah, maka pecahannya akan ikut mengalir bersama darah menuju ke jantung.

Pecahan-pecahan tersebut jika berjumlah banyak akan bertumpuk dan menyumbat aliran darah menuju ke jantung. Alhasil suplay darah menunju jantung menjadi terhambat, dan dari situlah awal mulainya seseorang bisa dikatakan terkena serangan jantung.

Oleh karena itu jika anda tidak ingin terkena serangan jantung, maka usahakan untuk menjaga pola hidup anda agar tetap sehat. Hindari makanan yang banyak mengandung kolesterol. Ganti dengan makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan.

Title : Kenali Penyebab dan Gejala Serangan Jantung
Description : Anak Cybert - Ketika mendengar kata serangan jantung, apa yang ada dalam pikiran anda? Pastinya anda mengaitkannya dengan penyebab ...