Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Anak Cybert - Mata merupakan salah satu anugerah Tuhan yang maha Esa yang harus dijaga agar kita dapat melihat. Mata merupakan salah satu panca indera yang paling vital. Bayangkan saja jika kita tidak bisa melihat, maka apa yang akan terjadi? Pastinya kita akan kebingungungan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata anda, dan menjauhkan anda dari berbagai penyakit mata.

1. Perhatikan Saat Anda Membaca

Perhatikan jarak anda saat membaca. Jarak yang ideal antara pandangan anda dengan buku adalah 30 cm. Jika anda terlalu dekat dengan buku, maka penglihatan anda bisa terganggu jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus. Membaca buku juga tidak boleh sambil tidur-tiduran. Perhatikan juga penerangan lampu saat membaca. Jangan membaca di tempat yang minim penerangan alias tempat yang gelap.

2. Makan Makanan yang Bergizi (Kaya Vitamin A)

Seperti halnya bagian tubuh kita yang lain, mata juga memerlukan asupan gizi yang cukup untuk menjaga kinerjanya agar tetap maksimal. Salah satu makanan yang baik bagi kesehatan mata ialah makanan yang banyak mengandung vitamin A. Vitamin A banyak didapat dari buah-buahan seperti tomat, wortel, serta pepaya. Mengonsumsinya secara rutin setiap hari dapat menjauhkan anda dari berbagai penyakit mata.

3. Jangan Terlalu Lama di Depan TV/Laptop/Komputer

Terlalu lama berada di depan layar komputer maupun TV dapat merusak mata. Radiasi yang dihasilkan akan memberikan dampak negatif bagi mata anda. Jadi usahakan untuk mengatur jarak anda dari layar komputer, laptop, maupun televisi. Jangan terlau dekat karena dapat mengakibatkan penyakit miopia.

4. Hindari Debu dan Polusi

Usahakan menggunakan pelindung mata jika anda lebih banyak atau lebih sering melakukan aktivitas di jalanan, karena debu dan asap kendaraan bermotor dapat mengganggu kesehatan mata. Debu yang masuk ke mata dapat menyebabkan infeksi. Jika hal tersebut terus terjadi maka dapat menimbulkan penyakit katarak.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai tips menjaga kesehatan mata. Semoga dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi kita semuanya.
Title : Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat
Description : Anak Cybert - Mata merupakan salah satu anugerah Tuhan yang maha Esa yang harus dijaga agar kita dapat melihat. Mata merupakan salah satu...